Supaya Bayi Cepat Tumbuh Gigi

Supaya Bayi Cepat Tumbuh Gigi

Normalnya erupsi gigi susu terjadi pada usia 6-12 bulan, lain halnya bila usianya lebih dari setahun tapi belum juga terjadi erupsi gigi susu. Bisa jadi ia memang tak punya benih gigi. Sampai usia berapa pun, tak akan ada erupsi. Artinya, sampai dewasa tak akan punya gigi. Untungnya, kasus ini jarang terjadi.

Tetapi tenang saja, Anda dapat merangsang munculnya gigi susu pada bayi. Berikut cara-caranya:

  1. Perhatikan asupan makanan
    Perhatikan aturan pemberian makanan pada bayi. Baik dari segi kandungan gizi maupun tahapan pemberian makanan dari cair ke padat. Tujuannya, agar kebutuhan nutrisi anak dapat terpenuhi. Sebab, selain berguna untuk tumbuh kembang, juga merangsang pertumbuhan gigi dari dalam. Pertumbuhan gigi susu juga bisa dirangsang dengan pemberian vitamin sesuai anjuran dokter. Ada zat yang dapat memperkuat gigi bayi, menjaga dan mencegah kerusakan gigi, yaitu zat fluor. Zat ini bisa diberikan pada ibu hamil sampai bayi lahir hingga berusia 10 tahun.
  2. Beri mainan gigit
    Awalnya, gigi susu yang keluar adalah gigi seri tengah bawah, lalu secara berurutan gigi seri tengah atas, gigi seri lateral atas dan gigi seri lateral bawah, geraham susu pertama, gigi taring, dan geraham susu kedua. Erupsinya satu per satu meski kadang ada juga yang sepasang-sepasang. Biasanya, ketika akan erupsi (muncul atau tumbuh) gigi, si bayi lebih banyak mengeluarkan air liur dan maunya menggigit-gigit sesuatu akibat rasa gatal pada gigi. Dengan menggigit, juga dapat mempercepat keluarnya gigi. Berikan saja biskuit khusus yang agak keras atau mainan gigit dari bahan plastik yang aman buat bayi.

Dengan berbagai cara di atas, diharapkan gigi susu bayi dapat muncul atau tumbuh tepat pada waktunya.