Solusi Masalah Kulit Kakimu

Solusi Masalah Kulit Kakimu

Saat itu tentunya kamu harus tampil percaya diri dengan kulit kaki yang terawat. Sayangnya, bagian kulit kaki termasuk bagian tubuh yang sering bermasalah. Misalnya saja kulit bagian tumit kering dan pecah-pecah, infeksi jamur kaki, hingga bau tak sedap. Masalah-masalah ini harus kamu atasi dulu supaya bisa tampil maksimal saat memamerkan kaki indahmu.

Infeksi Jamur
Masalah ini terjadi karena saat berada cukup lama di dalam sepatu, kaki biasanya berkeringat. Kondisi tersebut tentu saja menyebabkan kondisi sepatu menjadi lembap dan di tempat seperti itulah jamur dapat tumbuh. Akibatnya, kulit kaki akan terasa kering, gatal, kemerahan, bahkan terkelupas.

Cara mengatasi:

Kebersihan kaki dan sepatu harus benar-benar di perhatikan. Pastikan bagian telapak dan sela-sela jari kaki selalu kering. Taburkan bedak khusus kaki di bagian telapak.  Jika sepatumu lembap, jemur atau angin-anginkan,  dan gantilah kaus kaki sesering mungkin.

Kulit Menebal (Kapalan)
Kulit menebal di area jari atau telapak terjadi karena gesekan anatara kaki dan sepatu (biasanya pada sepatu yang terlalu sempit). Kondisi yang lembap dan gesekan di antara jari kaki juga bisa menyebabkan penebalan kulit ringan di sela-sela jari-jari kaki.

Cara mengatasi:

Hindari memakai sepatu yang terlalu sempit. Kadang sepatu baru juga bisa menimbulkan lecet dan kapalan karena sepatu belum menyesuaikan dengan bentuk kaki kita. Cegah kapalan dengan menggunakan kaus kaki hingga sepatu barumu lebih lentur. Ulaskan lotion yang dapat melembutkan kulit area kaki. Jika kapalan tebal dan menyakitkan, periksakan ke dokter, karena mungkin ada bagian penebalan kulit yang perlu dikikis.

Bau Tak Sedap
Bau tak sedap ditimbulkan oleh keringat bakteri yang ada di sekitar kaki dan sepatu yang kamu kenakan. Jika kakimu tidak mendapatkan cukup sirkulasi udara, otomatis kaki akan berkeringat. Saat bakteri dan keringat bertemu, saat itulah bau tak sedap muncul.

Cara mengatasi:

Kebersihan kaki dan sepatu benar-benar harus diperhatikan. Cuci sepatu secara berkala, khususnya jika sepatumu basah karena kehujanan. Jemur dan angin-anginkan hingga benar-benar kering. Cuci kaki hingga benar-benar bersih dan sabuni hingga sela-sela jari. Jangan memakai sepatu saat kakimu masih basah. Keringkan dan taburkan bedak di bagian telapak dulu.

Telapak Kaki Kering dan Pecah-pecah
Telapak kaki kering dan pecah-pecah adalah masalah yang umum dialami oleh banyak orang. Kelihatannya memang sepele, tetapi bisa menimbulkan rasa sakit dan tentu saja tidak indah dipandang. Jika kulit pecah-pecah terlalu dalam, bisa menimbulkan luka dan infeksi juga.

Cara mengatasi:

Telapak kaki yang pecah diawali dari kulit yang kering, berdiri di lantai tanpa alas kaki untuk waktu yang lama, serta sering memakai sepatu atau sandal yang terbuka di bagian belakang. Sikat bagian tumit dengan batu apung perlahan-lahan agar kulit mati terkikis, usapkan lotion secara teratur khususnya setelah mandi. Jika kondisi tumit cukup parah, ulaskan lotion lebih sering pada tumit yang pecah-pecah.