Memilih Baju yang Sesuai untuk Bayi

Memilih Baju yang Sesuai untuk Bayi

Usia 0-2 Bulan
Bayi usia ini belum banyak bergerak, hanya berbaring dan menggoyang-goyangkan tangan-kakinya saja. Baju yang dianjurkan modelnya terusan dan mudah dilepas atau dipasangkan. Biasanya baju ini disebut baju monyet dengan tali atau kancing di bagian pundak. Bisa juga model terusan dengan kancing di bagian depan dan di bokong untuk bagian bawahnya. Selain itu, bisa juga baju dengan dua bagian yaitu atasan dan bawahan. Bagian atas model kemeja tanpa kerah dan berkancing sehingga mudah memakaikannya. Bawahannya bisa rok untuk bayi perempuan dan celana buat bayi laki-laki.

Usia 3-6 Bulan
Bayi mulai bisa didudukkan. Model baju lebih bervariasi. Tak harus berkancing depan.  Model kaus atau blus dapat lebih mudah dipakaikan. Umumnya terdiri dari 2 bagian, yakni atasan dan bawahan.

Usia 7-9 Bulan
Di usia ini bayi sudah bisa duduk, merangkak, dan banyak gerak tanpa henti. Sebaiknya pilihkan busana yang menutup lututnya guna mencegah luka di lututnya. Selain itu, hindari pula memilihkan baju atau celana yang kepanjangan karena dapat membahayakan saat merangkak.

Usia 10-12 Bulan
Bayi mulai belajar berdiri, merambat, bahkan berjalan. Pilihlah baju yang membuatnya leluasa bergerak. Disarankan memilih baju yang terdiri atas bawahan dan atasan seperti rok atau celana, namun yang tidak menghalangi geraknya. Boleh juga yang menggunakan aksesori, namun ingat, pilih yang aksesorinya besar dan tidak mudah lepas. Begitu pun hiasan lain seperti saku, renda, model rok bertumpuk, dan lain-lain.

PERHATIKAN PERAWATAN BAJU BAYI

Cuci pakaian bayi dengan sabun cair karena bahan kimia dalam sabun detergen bubuk umumnya lebih tajam. Bila bahan detergen ini tertinggal di baju sangat mungkin akan membuat kulit bayi teriritasi. Ibu juga boleh menggunakan sabun krim asalkan sabun itu terlebih dahulu dicampur dengan air dan menjadi cair. Pewangi pakaian tidak terlalu dianjurkan. Yang dikhawatirkan bukanlah kontak cairan pewangi itu dengan kulit bayi, melainkan aromanya yang dapat terhirup masuk ke dalam tubuh bayi. Asal tahu saja, aroma yang terkandung dalam pewangi pakaian mengandung bahan kimia.