Memijat Bayi yang Nyaman!

Memijat Bayi yang Nyaman!

Langkah-langkah memijat wajah bayi:

  1. Angkat kepala bayi dengan kedua tangan. Beri sedikit pijatan di area atas alis dan gerakkan kedua ibu jari dengan memutar hingga ke arah pelipis.
  2. Letakkan kedua ibu jari di puncak tulang hidung. Gerakkan perlahan turun ke arah sepanjang tulang pipi hingga bergeser ke arah sisi wajah.
  3. Letakkan kedua ibu jari bersebelahan di atas bibir bayi. Tekan dan arahkan lembut ke arah samping luar.
  4. Letakkan jari-jari tangan di belakang kedua telinga. Usap lembut sambil bergeser ke dagu.
  5. Pijat dagunya dengan lembut dan perlahan membuat lingkaran-lingkaran kecil.

Langkah-langkah memijat dada bayi:

  1. Tangan Ibu diletakkan di tengah dada bayi. Gerakkan jari ke arah atas dan sisi dan kembali ke tengah membentuk pola gambar hati. Bisa juga gerakkan membentuk lingkaran di dada.
  2. Gunakan telapak tangan untuk melakukan pijatan dan sentuhan menyilang di dada, dimulai dari kiri atas ke kanan bawah, lanjutkan dengan gerakan dari kanan atas ke kiri bawah.

Sentuhan pada daerah kaki

  1. Lakukan pijatan ringan pada telapak dan ujung-ujung jari kaki bayi.
  2. Kemudian, lakukan gerakan seperti meremas atau memencet kaki bayi di antara jempol dan jari telunjuk jari tengah, dilanjutkan dengan gerakan seperti memerah.
  3. Biarkan bayi melakukan refleks alaminya seperti menendang saat dipijat. 

Sentuhan pada daerah tangan dan lengan

  1. Tarik/gerak-gerakkan secara lembut jari jemarinya lalu lanjutkan dengan mengusap telapak dan jari-jari tangan. Letakkan tangan Mama di antara jari jemari bayi, biarkan bayi refleks menggenggamnya muncul.
  2. Gerakan meremas dilanjutkan dengan gerakan memerah susu atau gerakan seperti menguleni adonan kue. Lakukan pada daerah lengan.