Manfaat Lysine untuk Menambah Nafsu Makan

Manfaat Lysine untuk Menambah Nafsu Makan

Studi menunjukkan, kurangnya nafsu makan bisa menyebabkan pengurangan asupan nutrisi, sehingga menghambat pertumbuhan dan pencapaian milestone yang tidak wajar. Nah, kondisi ini bisa diperbaiki dengan konsumsi  lysine untuk memperbaiki nafsu makan dan mendukung asupan gizi dan kalori pada anak.

Lysine, Lisina, atau L-lisin, adalah sejenis asam amino esensial penyusun protein yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh. Asam amino jenis ini hanya bisa didapat pada tanaman dan bakteri yang memiliki kemampuan mensintesis asam amino ini.

Oleh karena tidak diproduksi tubuh, Anda harus mencukupi kebutuhan lysine dari berbagai sumber makanan yang mengandung lysine, seperti sayuran (bayam), kacang-kacangan (kedelai), biji-bijian (sereal), daging, unggas, telur, keju, dan beberapa ikan seperti cod dan sarden.


Manfaat Lysine

Lysine sangat penting dalam proses penyerapan kalsium di saluran pencernaan. Asam amino ini memfasilitasi produksi enzim, hormon, antibodi, serta membantu pembentukan protein otot.

Lysine juga membantu dalam sintesis kolagen (komponen penting dari tulang dan jaringan ikat), merangsang produksi kreatinin (bertanggung jawab mengubah asam lemak menjadi energi).

Lysine juga baik untuk mengobati infeksi virus herpes, terutama yang disebabkan oleh virus herpes simpleks, mempercepat proses pemulihan herpes genital, dan menyembuhkan penyakit virus yang dikenal sebagai herpes zoster, yang ditandai dengan ruam kulit.

Baik untuk Anak

Anak yang kekurangan lysine ternyata dapat menyebabkan batu ginjal dan masalah kesehatan lainnya, seperti kelelahan, kehilangan napsu makan, mual, pusing, dan gangguan reproduksi lainnya.

Oleh karena itu, jika makanan anak kurang mengandung lysine, Anda bisa menyempurnakannya dengan memberikan multivitamin yang mengandung lysine.