Cara ampuh untuk tenangkan bayi

Cara ampuh untuk tenangkan bayi

Bayi  belum bisa bicara. Untuk itu, saat ia menginginkan atau merasakan sesuatu, ia akan mengungkapkannya lewat tangisan. Saat menangis, Ibu tak perlu panik. Cukup pahami kebutuhannya. Berikut cara ampuh tenangkan bayi :

Mama, aku haus.
Umumnya bayi yang menangis 2 - 3 jam sekali pertanda ia haus. Cobalah untuk menyusui si kecil. Bila memang tampak lahap menyusui, berarti benar ia haus. Dengan menyusui, selain tercukupi kebutuhannya, juga akan membuatnya kembali tenang, merasa aman dan nyaman. Selain dengan menyusui, kita juga bisa mencoba menimang-nimang atau menyenandungkan lagu.

Mama, aku tak nyaman
Ada beberapa pemicu bayi merasa tak nyaman, di antaranya karena popoknya tak nyaman lantaran basah atau terkena pup, ia merasa kepanasan atau justru kedinginan ketika berada di ruangan tersebut. Bila diketahui popoknya basah atau kotor, segera ganti. Terlebih dulu bersihkan area kulitnya agar si kecil kembali nyaman dan tak mengalami gatal. Bila kita merasa suhu kamar terlalu panas atau dingin, sebaiknya atur sedemikian rupa sehingga terasa nyaman bagi si kecil.

Pastikan pula pakaiannya tidak basah. Bila perlu diganti baju dan celananya. Upayakan terjalin kontak fisik dengan si kecil. Misalnya, dengan memeluk, menyentuh, membelai, dan mengelus punggungnya. Intinya, menciptakan suasana tenang, aman, dan nyaman bagi dirinya sehingga ia perlahan mau berhenti menangis.

Mama, aku ngantuk
Rewel atau menangis bisa menjadi pertanda bayi mulai mengantuk. Namun, ia merasa tak nyaman dengan kondisinya, atau area di sekitarnya tidak  mendukungnya agar bisa mudah terlelap. Selain menangis, datangnya kantuk bisa ditandai dengan hilangnya minat si kecil untuk bermain. Bila kondisi itu tampak pada si kecil, coba bawa ia ke kamar tidurnya. Ciptakan suasana kamar yang nyaman, lampu redup, suhu ruangan tidak panas atau terlalu dingin. Sebagian orangtua akan melakukan ritual menyenandungkan lagu, mengusap punggung, menepuk-nepuk lembut bokong, atau mengayun sampai si kecil terlelap. Semuanya boleh dilakukan sepanjang itu bisa membuat bayi merasa nyaman hingga dapat tidur dengan tenang.

Mama, badanku enggak enak
Si kecil menangis karena sakit. Upaya yang bisa dilakukan adalah mengecek apakah suhu tubuhnya meningkat. Sebaiknya gunakan termometer yang akurat untuk disentuhkan ke dubur bayi. Periksa juga, adakah gejala lain seperti muntah, menolak disusui, dehidrasi, dan kejang. Jika memang salah satu atau beberapa dari gejala-gejala itu ada, segeralah berkonsultasi ke dokter. Masa bayi adalah masa paling rentan infeksi karena sistem daya tahan tubuhnya masih dalam tahap permulaan.