Bolehkah Bayi Tidur Tengkurap?

Bolehkah Bayi Tidur Tengkurap?

Bolehkah bayi tidur tengkurap? Meski memiliki risiko, posisi tidur tengkurap sebenarnya memiliki beberapa manfaat. Antara lain bentuk kepala bayi yang bagus. Ini berbeda bila tidur telentang, dimana ada salah satu sisi kepala tertindih/tertekan yang menyebabkan bentuk kepala bayi peang. Oleh karena itu, tidur tengkurap boleh-boleh saja, tapi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk keamanan dan kenyamanan bayi, yaitu:

Jangan biarkan bayi tengkurap terlalu lama saat tidur. Posisi tengkurap membuat bayi cenderung susah bernapas dan membuatnya kurang nyenyak. Dua sampai tiga menit saja bayi tidak bernapas dan tidak diketahui orangtua, maka risiko fatal bisa terjadi.

Pastikan kondisi di sekitarnya aman, tidak ada mainan atau benda yang berisiko membahayakan. Namun tetap pastikan juga bayi terawasi.

Orangtua harus yakin bayi bisa memutar kepala dengan leluasa saat ia tidur dalam posisi tengkurap. Perhatikan juga kemampuannya bergerak, apakah ia sudah mampu memutar kepalanya atau tidak. Jika bayi masih mengalami kesulitan, sebaiknya tidak ditidurkan dalam posisi tengkurap.