Bayi Butuh Asupan Lemak Baik

Bayi Butuh Asupan Lemak Baik

Ada tiga jenis lemak : monogliserida, digliserida, dan trigliserida. Ketiganya disimpan dalam bagian tubuh yang disebut acylglycerol dan masuk dalam kelompok asam lemak yang terikat alkohol (glycerol).

Dari ketiganya, trigliseridalah yang paling banyak terdapat di makanan dan disimpan tubuh. Lemak yang berasal dari makanan itu masuk melalui aliran darah dan diuraikan menjadi kelompok asam lemak yang bebas. Di ataranya adalah asam lemak omega-3 dan omega-6.

Omega-3 dan Omega-6
Kelompok asam lemak omega-3 antara lain alfa-linolenat (ALA), asam eikosapentanoat (EPA), dan asam dokosaheksanoat (DHA). EPA dan DHA sangat penting dalam menunjang fungsi retina dan perkembangan otak bayi. Sedangkan yang termasuk asam lemak omega-6 adalah asam linoleat dan asam arakidonat (ARA). Asam linoleat akan diubah tubuh menjadi asam gamma-linolenat dan asam arakidonat yang sangat penting dalam perkembangan awal otak anak.

Asam Lemak Jenuh dan Tak Jenuh
Selain omega-3 dan omega-6 ada juga kelompok asam lemak lain seperti asam lemak jenuh ikatan tunggal (monounsaturated fatty acids) dan asam lemak jenuh (saturated fatty acids). Asam lemak jenuh bisa didapatkan dari mentega, minyak kelapa dan kelapa sawit, santan, dan lemak hewan. Sebenarnya, jika asupannya tidak dikontrol, jenis asam lemak inilah yang bisa menghasilkan kolesterol jahat, menyumbat pembuluh darah, dan berbagai masalah jantung. Namun di sisi lain, asam lemak jenuh bermanfaat memperkuat perkembangan otak serta mendukung kesehatan hati dan paru.

Lemak ASI
Selain dari minyak dan makanan sumber protein, lemak juga terdapat pada susu dan ASI. Pada ASI, lemak memberikan kontribusi sekitar 45-55 persen dari total kalori. Jadi, jika ingin bayi Anda memiliki pertumbuhan yang sempurna, perhatikan asupan lemak harian Anda (jika bayi di bawah 6 tahun dan masih ASI eksklusif) dan bayi Anda (jika sudah makan MPASI).